KH. WAHAB HASBULLAH

Tokoh Islam

Biografi KH. Wahab Hasbullah

KH. Wahab Hasbullah adalah seorang ulama yang terkenal vokal tentang pelopor pergerakan dari nasionalisme pemuda nusantara, beliau lahir di Jombang Jawa Timur pada tanggal 31 Maret 1888,
ayah beliau adalah seorang pengasuh pondok pesantren di Tambak Beras Jombang, KH. Hasbullah Said adalah nama ayahanda beliau, sedangkan ibunda beliau bernama ibu Nyai Latifah.

Pendidikan KH. Wahab Hasbullah

Sejak kecil beliau terkenal cerdas dalam kajian islam, beliau memang sedari kecil sudah di didik dalam ruang lingkup pesantren yang mana sebuah institusi pendidikan klasik non formal yang khusus mengkaji beberapa literatur agama islam mulai dari tata bahasa Arab sampai permasalahan ubudiyah yang mencakup ilmu fiqih dan tashawuf. kurang lebih ada 20 tahun beliau mengabdikan dirinya dalam menuntut ilmu agama di beberapa pondok pesantren. Diantaranya adalah :
1. Pesantren Langitan Tuban.
2. Pesantren Mojosari, Nganjuk.
3. Pesantren Cempaka.
4. Pesantren Tawangsari, Sepanjang.
5. Pesantren Kademangan Bangkalan, Madura dibawah asuhan Kiai Kholil Bangkalan.
6. Pesantren Branggahan, Kediri.
7. Pesantren Tebuireng, Jombang dibawah asuhan Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asyari.

Setelah beliau selesei dengan pengabdian dirinya di pondok pesantren, beliau langsung meneruskan nyantrinya di negara Saudi Arabia lebih tepatnya di kota Mekkah Al Mukarromah. Disana beliau berguru kepada beberapa syekh, diantaranya adalah Syekh Mahfudz Termas dan Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

Peranan KH. Wahab Hasbullah Dalam Sosial Kebangsaan

Banyak literatur yang menyebutkan tentang peranan beliau dalam sosial maupun dalam kebangsaan, hal ini bisa dibuktikan dengan peranan beliau dalam pembentukan organisasi kemasyarakatan yang berbasis Ahlus Sunnah Wal Jamaah yaitu Nahdlatul Ulama. Bersama KH. Hasyim Asyari beliau membentuk barisan nasional dari kalangan pesantren yang di dominasi kyai dan santri, yang ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman tangan penjajah.

Beliau termasuk pelopor pergerakan pemuda Nahdliyin ( sebutan bagi warga NU ) hal ini bisa dibuktikan dengan lahirnya Gerakan Pemuda Ansor yang pada masa itu diprakarsai oleh beliau dengan KH. Mas Mansyur, 

KH. Wahab Hasbullah wafat pada tanggal 29 desember 1971 di kota kelahirannya Jombang Jawa Timur dan di makamkan di komplek pemakaman keluarga pondok pesantren Tambak Beras. Semoga dengan perjuangan beliau kita bisa meneladani dan meniru apa yang telah di contohkan beliau kepada kita sebagai kader penerus negara kita ini Amin Allahumma Amin.

Semoga Bermanfaat
Latest
Previous
Next Post »