KEISTIMEWAAN BULAN RABIUL AWAL

Kajian Islam

Keistimewaan Bulan Rabi'ul Awal


Bulan Rabi’ul Awal adalah salah satu bulan yang sangat dimuliakan dan dihormati oleh semua umat muslim, karena pada bulan tersebut lahirlah seorang yang menjadi khotamul anbiya’, orang yang mengajarkan kepada manusia tentang pentingnya budi pekerti dalam berbicara maupun berperilaku, serta satu-satunya manusia yang bisa memberikan syafaat kepada umat muslim kelak ketika hari pembalasan nanti. Beliau adalah baginda Rasulullah SAW.



Baginda Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tanggal 12 bulan Rabi’ul Awal tahun gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M, kenapa disebut dengan tahun gajah, karena pada tahun tersebut tentara Raja Abrahah dari Yaman menyerang Ka’bah dengan maksud akan menghancurkannya. Mereka datang ke kota Mekkah dengan mengendarai gajah. tetapi penyerangan itu gagal, karena Allah mengutus burung ababil dari surga untuk mengambil kerikil-kerikil panas dari neraka dan menjatuhkannya  kepada mereka yang ingin menghacurkan ka’bah sehingga mereka hancur lumat seperti daun kayu yang dimakan ulat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Fil ayat 1 – 4


Ada beberapa kejadian yang luar biasa yang terjadi ketika Nabi Muhammad SAW lahir, diantaranya adalah :


  • Ketika Ibunda Nabi Muhammad SAW mau melahirkan, ia melihat bintang bintang turun dari langit dan mendekat. Ia sangat takut bintang-bintang itu akan jatuh menimpa dirinya, lalu ia melihat kilauan cahaya keluar dari Ibunda Nabi SAW hingga membuat kamar dan rumah terang benderang.

  • Di malam kelahiran Nabi Muhammad SAW, singgasana Kaisar Kisra runtuh, dan 14 buah jendela besar di Istana Kisra ikut runtuh.

  • Padamnya Api di negeri Persia yang semenjak 1000 tahun menyala tiada henti.

Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan tanda kepada seluruh alam bahwasanya telah lahir di dunia seseorang yang akan memimpin umat manusia menuju jalan cahaya Allah SWT, dan mengajarkan kepada manusia tentang akhlaqul karimah, budi pekerti yang luhur serta mengajarkan tentang agama yang membawa perdamaian dan kasih sayang yaitu agama islam.


Selain itu juga terdapat tiga peristiwa penting lainnya yang terjadi pada bulan Rabi’ul Awal  yaitu :

  • Lahirnya Nabi Muhammad SAW.

  • Hijrahnya Rasulullah SAW ke kota Madinah.

  • Wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Adapun mengenai amalan-amalan yang alangkah baiknya dikerjakan pada bulan Rabi’ul Awal adalah memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena sesungguhnya Allah bersholawat dan juga memerintahkan kepada para malaikat untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al Ahzab


إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا


"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab' 33:56)
 
Previous
Next Post »