PONDOK PESANTREN AL ANWAR


Sekilas Tentang Pondok Pesantren Al Anwar

Pondok Pesantren Al Anwar didirikan Oleh KH. Maimun Zubair putra dari KH. Zubair Dahlan, pesantren ini pada awalnya hanya sebuah kelompok pengajian yang di asuh oleh KH. Zubair bersama KH. Ahmad Syuaib, seiring perkembangan zaman, kelompok pengajian tersebut semakin banyak pengikutnya, dan pada akhirnya menjadi sebuah pondok pesantren dan diberi nama dengan Pondok Pesantren Al Anwar.

Pondok Pesantren Al Anwar secara resmi berdiri pada tahun 1977,  secara geografis Pondok Pesantren ini terletak di daerah pesisir kabupaten rembang dengan mayoritas penduduknya yang berprofesi sebagai nelayan. pondok pesantren ini lebih dikenal dengan sebutan pesantren sarang karena letak posisi pesantren ini berada di desa karangmangu kecamatan sarang kabupaten rembang
Pondok Pesantren Al Anwar memiliki kurikulum pendidikan yang serupa dengan pondok pesantren lain yaitu sistem pendidikan salafiyah dimana para santri mengkaji kitab - kitab salaf dngan bimbingan dari kyainya, serta menekankan kepada para santrinya dalam berdiskusi atau dikenal dengan istilah musyawaroh, kegiatan musyawaroh ini selain memiliki tujuan untuk melatih para santri agar menjadi kritis terhadap permasalahan agama, juga melatih para santri untuk fokus lebih dalam lagi dalam Kajian Islam baik secara matan maupun syarah. sehingga diharapkan bisa menghasilkan output santri yang berkualitas dan memiliki nilai intelektual yang tinggi serta yang paling penting adalah memiliki dasar akhlaqul karimah dalam berinteraksi maupun bersosialisasi dengan masyarakat kelak ketika mereka kembali lagi di kampung masing - masing.

Sampai sekarang Pondok Pesantren Al Anwar memiliki 2 lokasi  yang berbeda yang pertama adalah Al Anwar 1 yang terletak di desa karangmangu sarang, Al Anwar 1 di khususkan bagi santri yang ingin mendalami kitab - kitab salaf maupun pelajaran agama islam secara murni. Lokasi yang kedua adalah Al Anwar di dusun kalipang gondanrejo sarang, pada Al Anwar 2 selain menimba ilmu agama, para santri juga dibekali dengan pendidikan modern yang mana sekarang ini memakai kurikulum pendidikan karakter.

Tidak hanya itu sekarang telah di buka secara umum sekolah tinggi agama islam Al Anwar atau yang biasa disebut dengan STAI AL ANWAR, sekolah tinggi ini di buka dengan tujuan untuk menciptakan kader - kader muda santri yang berintelektual dan mempunyai sikap serta perilaku yang mencerminkan akhlaqul karimah.

Semoga Bermanfaat


Previous
Next Post »