PONDOK PESANTREN MASLAKUL HUDA


Sekilas Tentang Pondok Pesantren Maslakul Huda

Pondok pesantren maslakul huda terletak di desa kajen kecamatan margoyoso kabupaten pati, pesantren ini didirikan oleh KH. Mahfudh pada tahun 1910 M, KH. Mahfudh adalah putra dari Kiai Abdussalam salah satu keturunan dari Syekh Ahmad Al Mutamakkin.

Pondok pesantren maslakul huda dalam masa perjuangan kemerdekaan NKRI turut mempunyai andil besar, hal ini ditandai dengan pembangunan karakteristik individu yang berakhlaqul karimah dengan memegang teguh asas tafaqquh fiddin guna menuju insan yang soleh dan akrom.

Dalam perjalanannya pondok pesantren maslakul huda sudah tiga kali dalam pergantian pengasuh, yakni setelah wafatnya KH. Mahfudh digantikan oleh adiknya KH. Ali Mukhtar setelah itu diteruskan oleh putra dari KH. Mahfudh yaitu KH. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh

Dalam perkembangannya pondok pesantren maslakul huda mengalami kemajuan yang signifikan, terutama dalam hal pendidikan organisasi intern santri, dimana para santri dilatih dalam kemandirian organisasi baik secara individual maupun secara managemen keorganisasian.


Saat ini pondok pesantren maslakul huda mempunyai beberapa lembaga yang berada di bawah naungannya. berikut ini adalah nama lembaga - lembaga tersebut :
  • Maslakul Huda Lil banin
  • Pesantren Putri Al badi'iyyah
  • Ma'had Takhasus Ushul Fiqh
  • Ma'had Lil Mubtadiin

Previous
Next Post »